Danau 3 warna “Kelimutu”

4 03 2006

Mungkin pertama kali aku heran pertama kali melihatnya…. Dari kecil aku memimpikan bisa melihat danau 3 warna ini.. Yah mungkin Gusti mengkabulkan doaku untuk melihat danau Kelimutu ini yang terletak di Gunung Kelimutu, kabupaten Ende, NTT. Di bulan Maret hari ke 12 pukul 15.35 WITA tahun 2005, di puncak Gunung Kelimutu (1.690 meter dpl) aku melihat untuk pertama kalinya dengan mata kepalaku sendiri… Wah menajubkan….sebuah fenomena alam yang indah dan unik.
Mengapa warna ketiga danau ini berbeda???
Ya…jawabannya mudah sekali, warna air di ketiga danau ini terpengaruh oleh kandungan mineral di dalam ketiga kawah tempat danau itu berada..
Dan mengapa selalu berubah??
Mmmmm pertanyaan menarik, perubahan warna memang tidak yang kita bayangkan,namun biasanya terjadi dalam waktu beberapa tahun. Perubahannya tentu saja dipengaruhi oleh kandungan mineralnya….

Namun, secara adat, ketiga danau ini dipercaya oleh masyarakat sebagai tempat bersemayamnya arwah-arwah masyarakat yang sudah meninggal. Arwah itu bersemayam di ketiga danau itu berdasarkan amal dan perbuatannya, orang “jahat/ buruk” akan bersemayam di danau yang saat ini berwarna hijau kehitam-hitaman yang berada paling atas (1,5 km di bagian barat dari 2 danau lainnya) dalam bahasa Ende disebut Tiwu Ata Polo (danau arwah para tukang tenung). Arwah yang hidupnya “baik” terbagi dua juga, orang yang meninggal diusia tua, beliau akan bersemayam di danau yang saat ini berwarna coklat (seperti warna minuman Coca-Cola tua) yang bernama Tiwu Ata Mbupu sedangkan arwah yang meninggal diusia muda akan bersemayam di danau Tiwu Nuwa Muri Koo Fai (danau arwah muda-mudi) yang saat ini berwarna hijau muda.
Ketiga danau 12 Maret 2005

Warna Danau Kelimutu Tiwu Nuwa Muri Koo Fai (depan) dan Tiwu Ata Mbupu (belakang) tahun 1929

About these ads

Aksi

Information

10 responses

28 01 2008
recoba aba

thanks deh udah berkunjung ke daerahku. senang rasanya kalau ada orang yang juga mengagumi dan mencintai danau kelimutu yang ada di daerahku. aku juga pingin banyak orang mengenal danau kelimutu ini. semoga aja banyak orang juga tahu akan keindahannya

9 09 2010
Santi

@recoba_aba: bisa tolong share akomodasi dari Sby sampai ke sana?
Kalau bisa sama biaya juga sekalian, hehehehe. Pengen kesana, cuma masih bingung aja mulai dari mana. Terima kasih sebelumnya.
^^

17 06 2008
natalia

aq jg seneng danau kalimutu secara g langsung di publikasikan. sayangnya pemerintah daerah belum mengembangkan potensi wisata yang ada….sebagai anak daerah, aq jg bangga kelimutu d kenal banyak orang,,,,,,,,,vielen Dank……

19 03 2009
winda

eNDe is The BeSt…aq kaNGen Ende….aq ingiN puLang….aq riNDu suasana disana……ThaNKsssssssssssssss

28 09 2009
Ende Sare

Dari dulu Ende sudah terkenal, silahkan mampir atau bergabung kembali dengan kota Ende Tercinta ini ………

Kota Ende selalu dalam sanubariku ……..

Salam dari kami buat keluarga, teman2 sebaya di Potulando & Mautapaga …….

M Ridwan (alumni STMN Ende tahun 1995)

13 12 2009
paulina dethan

saya juga pingin berkunjung ke ende khususnya danau kelimutu dari dulu waktu masih sd kita pernah dengar tentang danau kelimutu setelah itu lupa. tapi saat lihat gambar di internet kayak nya harus berkunjung ke sana deh kalau nggak lihat langsung aduh rugi besar.

30 01 2010
KhAnSA

Wah wah wah.. 2 JpOL dgH waT DanaU KELimuTU… Qu pNGN LyaT WrNA YG mrah dARah ntu… Qu PNGen kSNa… SmGA jaH trCPai amiEN… TuNGgu QU yaAaaa. . … SoBAT2 d EndE….

29 08 2010
kusno

wuihhh, bangga jg tau kalo banyak org luar yg suka sm Dn. Kelimutu. Conggrat yah buat kalian yg sdh k sna. Jgn bosan2 visit yah…. N jgn bosan2 cerita ma tmn2 laen ttg keunikn danau tsb.
Slm buat kalian smua….
Ende Sare Lio Pawe

1 10 2010
MegHa

ND ciTy mMaNk aZykKk……………!!! dNg k’ajaiBnx,,,,, ” mANtaPpPpP………………………………………^_^

29 10 2011
Oriz LDN

Ende is The Best.. Like this..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: