Pulau Seraya, Labuan Bajo, kabupaten Mangarai Barat

24 03 2006

Di ujung barat pulau Flores terdapat satu kota bernama Labuan Bajo. Sebuah ibukota kabupaten di tepi pantai yang indah. Mungkin kita lebih mengenal pulau Komodo daripada Labuan Bajo….namun awal perjalanan selalu dimulai dari kota ini.

Salah satu sudut Labuan Bajo Photo taken by Louise Quinn

Komodo biasa disebut komodo dragon, dan bahkan beberapa penduduk Flores menyebutnya "buaya". Nama bukanlah hal penting namun komodo merupakan salah satu kebanggaan bangsa Indonesia sebagai satu-satunya binatang purba yang masih hidup di dunia dan hanya ada di Indonesia.

Komodo di pulau Rinca Photo taken by Louise Quinn
 INE berpose dengan Komodo di  P Rinca. Photo taken by Louise Quinn
Jumlah komodo di pulau Komodo tidaklah sebanyak dahulu kala, kini pulau Seraya menjadi salah satu tempat komodo-komodo tinggal.
Perjalanan menuju pulau Seraya ditempuh kurang lebih antara 30 menit – 1 jam. Pemandangan menyenangkan di pulau Seraya membuat semua pengunjung untuk berlama-lama tinggal menikmati keindahan pantai dan sunset.

Sunset di pulau Seraya Photo taken by Ine Nabubois

Sunset di pulau Seraya Photo taken by Louise Quinn

Keindahan pantai mengajak kita untuk bercanda dengan pasir-pasir putih… Tertarikkah anda datang ke pulau ini????



Sudut pandang pantai pulau Seraya Photo taken by Ine Nabubois

Nah anda tidak perlu menjawab pertanyaan saya, namun buktikan sendiri mata kepala anda.
Terima kasih untuk Nona Ine Nabubois dan Ibu Louise Quinn yang telah memperbolehkan hasil jepretan kameranya untuk saya pasang di blog ini.

Sampai jumpa lagi di petualangan lain….

Salam hangat dari kaki G. Kelimutu,

G'penk van Piyik

Aksi

Information

24 tanggapan

26 03 2006
the gundul

piyik van gepeng kok masih melata ya jalannya..ngeyup neng ngisor omah panggung.
Mesti karo nyanyi “nunut ngeyup”…(po nunut ngemut ya?

26 03 2006
G'penk

Cangkemmu nDulllllllllll……

17 10 2010
RIO

HAHAAHA!!!!!!! KOPLAK……

17 10 2010
RIO

mosok apik gone dap?… ha ne gor gunung2 aja tempatku di gunung kidul banyak wisatane ,ga usah jauh-jauh! dsr katrok+koplaaaaak……..hehehe

30 10 2007
Muma

Terima kasih atas panduan ke pulau ini. saya juga berharap bisa ke labuan bajo suatu waktu. Saya tertarik mengikuti par nelayan bagan yang berpindah mengikuti angin dan gelombang. Pernah berbetu dengan nelayan bagan dari luar daerah? Kalau ada informasi itu dengan senanghati saya ingin membacanya.

Salam,
mumadi

3 12 2007
Dwi Wahyu Lestari

Halo, saya ada rencana untuk ke Labuan Bajo bulan Februari 2008, dapatkah saya diberikan petunjuk perjalanan menuju labuan bajo?
saya berada di Jakarta.
terimakasih atas informasinya.

6 01 2008
irwan

Hello salam kenal,
saya pernah tugas di labuan bajo dan pernah keliling labuan bajo. saya sarankan untuk naik pesawat dari bali tetapi harus nginap di bali 1 hari karena penerbangan dari bali pagi hari dan cuma ada 1 kali. pesawatnya, bisa dengan merpati dan trans, trigana. di labuan bajo, banyak hotel murah dan banyak hotel yang mahal, jadi tinggal milih saja.
Sesampai di bandara, tidak ada taxi jadi naik ojek atau naik mobil omperangan. hmm… kalo ojek, sewaktu saya di sana tarifnya 5.000 jauh-dekat dan kalo mobil 20.000 maximal. tetapi saya ingatan saja, walaupun bagus and mahal harga hotelnya tidak seperti di jakarta oleh karena keterbatasan air dan listrik.
Selian itu, asik banget deh pemandangan yang di tawarkan di sana. bisa ke pulau2 or ke gunung (ke ruteng). jln ke ruteng ada travel dan waktu yang ditempuh dari labuan ke ruteng 6-8 jam. biasanya berangkatnya jam 8-9 pagi dari labuan.
sesampai di ruteng, bisa lihat2 pemandangan gunung or bisa travel ke kelimutu (danau 3 warna) tetapi jauh banget loh…. 1 harian deh, begitu sampai di kelimutu bisa nginap di daerah moni, baru besok subuhnya ke atas, tetapi naik motor aja, lebih asik.

6 02 2008
fain

halo semuanya,,,,,,saya penduduk asli LABUAN BAJO,,dan sekarang berada di jakarta,,,dulu saya bekerja di pulau komodo dan banyak mengetahui tentang komodo dan pulau-pulau indah di sekitar labuan bajo dan keindahan alam lainnya,,,,sebagai penduduk asli labuan bajo saya bersedia berbagi cerita dan pengalaman dengan siapapun yang berminat.

23 11 2011
vanila

saya jga ingin mengetahui tentang pulau komodo lebih banyak lg.+

17 03 2008
bluepearl

Hi…Lam kenal…. Menarik juga kisah-kisah perjalananya… Boleh kita ikut join dalam petualangan-petualangan berikut nya di tempat-tempat yang lebih indah lainnya… ??? Kalo ada crita crita menarik lainnya tolong di publikasikan juga donk… Sama foto-foto pemandangan yang serba Waoo pokok nya. Thx’s …

5 06 2008
MARGARETHA

waw …… bagus banget ya informasinya tentang Flores …..
Tambahin lagi Informasinya tentang wisata Flores Lainnya………………..

oh ya Bln Mey Kemaren sya traveling ke pulau komodo….
Sungguh menakjubkn melihat pemandangan yang spektakuler
apalagi melihat binatang -binatang yang sangat unik termasuk komodo….

oh ya klo pgen ke pulau flores masih bnyak tempat wisata yang begtu indah ….
dan Caranya gampang tngal psan tiket langsung di Kantor Komodo Adventure tours (http://pulaukomodo.wordpress.com)…….di lantai 3 swalayan pagi , Laboan Bajoooo

Trimakasih atas informasinya ya ???

10 07 2008
agust

info,,,bulan april kemaren kebetulan flight dari DPS- Labuan bajo,,dan di pesawat semuanya bule,,dan banyak comment tentang flores,,wow susprisingly different,,katanya,,, buruan ke labua bajo bagi yg belon,,,masa tourist doang yg ke kampungku,,,local juga most welcome,,,cheers,,

5 11 2008
longinus

ma kch, pulau komodo, eksistensimu melambungkan nama flores ke dunia.

29 12 2008
christin

hi….q salah satu penduduk labuan bajo yg tinggal di Denpasar…
seneng denger kota tercinta memiliki potensi besar…seandainya pemerintah pusat sedikit saja melirik kotaku,akan muncul a paradise island…
yah…tp susah jg ya…but,don’t worry my city…one day your children biza bkin namamu melambung….i hope IT n i will try iT…!!

11 02 2009
cencik

gua bnga jd putra mambar lho,tp syang pmerintahx bergerak terlalu lmban untuk memanwat poyensi yg ada,kira2 kpan bru cdr ya pmerintahnya?

31 07 2009
Dayu Kharisma

Labuhan bajo bagi saya kota indah yang penuh kenangan masa kecil, karena saya pernah tinggal di sana waktu SD. Rumah saya dulu di depan dermaga, setiap ada kapal datang, langsung terdengar bunyi ”klakson”nya yg khas. Dulu saya dan keluarga jg sering mengunjungi pulau2 di sana. P. Komodo, P. Bidadari, P. Batugosok…wuuiiiih,,,pantai di sana masih bersih bgt,,,(dulu) saya kangen sekali ingin berkunjung ke Lab. Bajo lagi,,,

9 08 2009
fitrisusanti

Pulau yang sangat indah ternyata ya :) Indonesia memang banyak menyimpan pesona keindahan pulaunya. semoga suatu saat saya juga bisa sampai kesana, dapat menikmati keindahan alamnya ………..

21 06 2010
edy suherman

pulau komodo is the best……….

1 11 2010
gusty

hallo semuanya salam knl….saya berasal dari flores…sekarang saya tinggal di jakarta, saya sangat bangga jadi orang flores karena begitu banyak orang-orang menceritakan tentang keindahan pulau fllores..jika ingin melihat lebih banyak tentang foto2 keindahan flores anda tinggal add saya di FB (gusty dacosta)

9 06 2011
Budi Zas

Pulau Flores memang menyimpan keindahan wisata bahari yang cukup indah, antara lain pulau Seraya. Akan tetapi perlu dipoles lagi agar kelihatan lebih INDAH dan TERTATA RAPI.

9 06 2011
Budi Zas

Saya adalah seorang yang senang menikmati keindahan wisata bahari, dan sudah banyak wisata bahari yang saya kunjungi. Kedepannya saya akan mengunjungi pulau Seraya, menurut yang saya dengar tranportasi dari labuan Bajo ke Pulau Seraya sedikit mengalami kesulitan. Untuk itu kami mengharapakan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat (Labuan Bajo) untuk lebih memperhatikan lagi.

10 08 2011
suponorogo

wau ternyata indonesia banyak pulau yang indah pesonanya tapi aku akan kesana apa ada yang menolong aku sampai dipulau komodo….aku sih penginnya petualangan.mudah mudahan ada yang menjadi dewa penolongku.dari mimpi jadi kenyataan.

23 11 2011
vanila

saya jga ingin tau lebih banyak lg pulau komodo tolong bantuan nya silakan hub; 081314628836 tanks ya

22 02 2013
Norris

“Pulau Seraya, Labuan Bajo, kabupaten Mangarai
Barat « Y. S. “G’penk” Martyastiadi” ended up being a good blog.
If solely there was alot more weblogs such as this amazing one in the
net. Regardless, thanks for your personal precious time,
Jeffery

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

