Rabu, hari pasar di kecamatan Boawae, Kab. Ngada

31 03 2006

29 Maret ’06, jam tanganku telah menunjukkan angka 05.00 WITA, ya…saatnya bangun. Dingin menusuk dadaku, namun kucoba lawan dengan membuat segelas kopi. Lumayan, sedikit memberikan rasa lega di tenggorokanku. Memang tidak biasa aku bangun sepagi ini, aku paksakan diri untuk bangun karena aku punya janji dengan beberapa guru di Kecamatan Boawae untuk melakukan FGD (diskusi kelompok terfokus) tentang program siaran pendidikan “Sahabat Sekolah” yang kami produksi.
Om Gusto, satu jam kemudian sudah siap di tempat parkir kost-ku, dengan merokok gaya mafia dia memanggilku…” Penk!!!! Penk!!!! ayo berangkat….” Teriak Om Gusto disamping Ford Everest, mobil lapangan kantorku.

06.15 WITA kami melaju dengan kecepatan sedang, maklum jalanan di Flores tidak semulus di Jawa. Kelak-keloknya mengingatkanku pada mie instans yang barusan aku santap. Mmmmm….belum puas rasanya makan mie instans….apalagi nanti aku akan jadi moderator FGD lebih dari dua jam. Ahhhh…luwehhhh….belum ada juga warung yang buka sepagi ini.
08.45 WITA, kami memasuki halaman Kantor Cabang Dinas PPO kec. Boawae yang sekaligus merupakan lapangan bola salah satu SD di samping kantor itu.

Aku disambut dengan senyuman oleh Ibu Lili, Kepala Cabang Dinas PPO Boawae, dan dibelakangnya Marlin melambaikan tangan untukku; Marlin adalah staf Dinas PPO Ngada yang diperbantukan menjadi stafku di unit Radio. Lega dan senang, 2 jam lebih diatas roda sambil kedinginan karena AC mobil yang terus berhembus.
FGD kumulai pukul 09.40 WITA, 10 guru bersamaku.

Berdiskusi, memberi masukan terhadap Sahabat Sekolah yang kami produksi. 3 jam sudah kami lalui bersama, diskusi yang menyenangkan. Tak terasa waktu bergerak cepat….
13.00 WITA kami memulaui untuk makan siang….Wahhhhh…..ikan kuah…lauk yang kusukai…. Terima kasih Bu Lili…. Ikan ini kegemaranku….
Makanan telah masuk ke lambung, bahkan dua piring mengisi penuh lambungku yang sempit. Karena kekeyangan, muncullah ide untuk jalan ke pasar Boawae…”Ya…Ayo,” sahut Marlin tanda menyetujui ajakanku…. akhirnya sesudah berpamitan, kami segera menuju pasar Boawae.. Wah….berjubel sekali…kayak pasar malam (sekaten) di yogya…


Setelah berjalan beberapa langkah, mataku tertuju pada sebuah arah yang memajang kain-kain adat Nagakeo. Nahhhhh…..Aku belum punya sarung Nagakeo neh, kebetulan sekali. Aku mengajak Marlin menuju penjual kain adat. Setelah memilih, membolak-balik, mencoba dan akhirnya jatuh pilihanku pada sebuah sarung Nagakeo kualitas 2 yang kemudian aku beli dengan harga Rp. 210.000,00

Senang dan gembira hatiku, karena kini telah kumiliki sarung Nagakeo yang sudah lama aku idam-idamkan. Setelah transaksi selesai aku dan Marlin bergantian berpose didepan tempat penjualan kain adat itu.

Marlin Meda, Staf Dinas PPO, sekaligus staf program Radio “Sahabat Sekolah”

Setelah puas jalan-jalan, kami memutuskan pulang. Marlin pulang ke Bajawa, ibukota kabupaten Ngada. Aku dan Om Gusto kembali ke Ende….mmmm 2 jam lagi nih diatas mobil….. Tapi gak masalah, segera sampai Ende, selesaikan kerjaan dan tidur…..

About these ads

Aksi

Information

16 responses

30 01 2007
Yoseph Gae

tolong anda ke kecamatan soa,untuk meliputi adat istiadat di kecamatan tersebut. pada bulan februari s/d juli dan lanjut istirahat. pada bulan sept dan oktober. itu dalah acara kesayangan saya di setip desa pada kec.tersebut

20 04 2010
YOHANES VETO

BAGUS

25 12 2007
DP Tick gRMK

Dear Sir;

I am looking for the name of the chiefs of the dynasties of Nageh,Keo, and Ngada.Can you help me.Many thanks.I am researcher sejarah,etc. kerajaan2 Indonesia and espacially interested in the NTT area.
I have good silsilah2 kerajaan2 Nageh,Keo and Ngada and old pictures of the Raja2.
Hormat saya:
D.P. Tick gRMK
secretary Pusat Dokumentasi kerajaan2 di Indonesia “Pusaka”
Vlaardingen/belanda(Holland)
pusaka.tick@tiscali.nl

22 09 2008
Tommy Nuga

kita sngat menantikan berita-berita dr daerah yang cukup memenuhi kerinduan kan kampung halaman,,,saya salut dengan kegiatan sahabat sekolah mkin ini akan sangat bermanfaat bagi perkembangan pendidikan di kabupaten nagekeo itu sendiri……..

salam+doa

Tommy Nuga dan Steven Dando

27 05 2009
Edgar

Maju terus nagekeo,kami generasimu berjanji kan membangunmu.Ma’e ragu ine ame ebu kajo sipo sagho molo-molo.Amin

18 07 2009
shelly

bgtulah pasar rabu…
psarnya org boawae.
pasar sy jg wktu msh sekolah dsna.
smua ada d pasar itu..

coba ke langa,bajawa.

dsna ada byk hal manyanangkn yg blum dunia taw…
masa kcil yng mnynangkn jg bwt saya..

10 09 2009
Usje

Thnk’s Buat Sahabat Sekolah yg uda m’liput NAGEKEO……
NAGEKEO Maju Terus Smua M’ndukungmu

10 09 2009
Usje

Mas G’peng,sukses ya……..

8 12 2009
melkior wewe

WAH HEBAT NIH,TEKNOLOGI SUDAH MASUK KESETIAP DAERAH SEHINGGA KITA BISA AKSES DAN BISA MENGETAHUI PERKEMBANGAN DI KAMPUNG HALAMANKU,NGADA IS THE BEST,NGADA MAJU TERUS,

21 02 2010
charles roga

wao..keren sekolahku SDK natanage di dekat pasar,, jadi kalau hari rabu saya dkk bolos ke pasar nonton penjual obat, seru pokoknya,, tapi itu dulu,,,,,,,,
mudah2an sekarang masarakat kita tidak perlu beli obat di penjual obat yang ada di pasar,, di puskesmas ad obat dan terjamin kualitasnya, semoga saja kesadaran untuk hidup sehat masyarakat Boawae kian hari kian bertambah baik…
thank buat program Radio “Sahabat Sekolah” bwt postingannya keren abis,, semga ni menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk maju membangun Boawae. thnks.

22 04 2010
flo tidak lecet

kalo hari rabu saya ojek penghasilan paten…trus klo udah siang saya mulai mabok……biasa moke putih n ubi tatas bakar……..aduh pingin pulang ke boawae ne

27 10 2010
maximus

kepengen pulang ke boawae dan ingin makan ubi tatas yang dibakar yang dijual dipasar boawae

27 10 2010
maximus kota

ngao mona ghewo kg nunukae kerna di sana tmpt kelahiranku

9 02 2011
henche ajo

pasar boawae harus dibenahi lagi agar tidak terlihat rapi…….ok

9 02 2011
henche ajo

pasar boawae harus dibenahi lagi agar terlihat rapi…….ok

5 07 2011
arin

BOAWAE a best place i have ever seen and experienced,,,, i was the alumni of st,. Frans boawae,, it’s really a memorable experience to be with my friends,, there are so many reason to say but hopefully everthyng will be more fine and do the BEST!!!
GO SMA FRANS,,,, i am proud of you………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: