Rumah masa depan di Camp Pengungsian Tuapukan

10 03 2006


Camp Pengungsian Tuapukan, 3 Nov 2005

Sebuah gambaran tentang peristirahatan terakhir bagi pengungsi Ex Timor-Timur di Camp Pengungsian Tuapukan, kab. Kupang. Sudah lebih dari 5 tahun mereka berada ki penampungan ini, berkehidupan apa adanya. Makan dari hasil bumi, seperti sayur, jagung dan ketela. Bahkan tidak tau lagi mau makan apa di kala musim kemarau.
Kesederhaan dan apa adanya merupakan semangat yang selalu diemban oleh para pengungsi untuk menghormati tetua keluarga yang meninggal. Hanyalah batu dan kayu yang menghiasi nisan mereka. Tidak ada keramik seperti pada makam kebanyakan di Timor Leste. Sedikit sekali yang menggunakan semen untuk membuat nisan bagi tetua keluarga yang meninggal, mungkin bisa dihitung dengan jari tangan saja. Hal ini bukan hal utama, yang terpenting adalah mereka yang masih diperkenankan hidup dapat menghormati keluarga mereka yang sudah meninggal dengan baik walau tidak mewah.
Suatu saat nanti, bila mereka pulang ke tanah Timor Leste, mereka tidak terlalu susah membongkar kembali makam keluarganya untuk dipindahkan ke Timor Leste. Tentu saja karena banyak lokasi penampungan masih merupakan “pinjaman” masyarakat lokal di sekitar Camp pengungsian.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: