Taman Laut 17 Pulau, Riung, Kab. Ngada

23 03 2006

Jembatan inilah yang menghubungkan daratan ke lautan. Ujung dermaga tersusun rapi dengan kayu akan melepaskan kita naik ke perahu berkeliling 17 pulau di Riung.

Perahu motor telah menunggu kami di ujung dermaga sambil bergoyang genit tergoyang ombak-ombak kecil laut utara. Senyuman sopir perahu menambah nyamannya hatiku, walau senyumnya tidak begitu manis dengan 2 gigi ompong di depan tidaklah berpengaruh suasana hati kami semua. Pukul 03.00 sore ditunjukkan oleh jam tanganku, sebuah petualangan kecil dimulai, suara deru mesin diesel mengalahkan suara angin pantai utara Flores ini.
Dari kejauhan, terlihat beberapa pulau yang melambai-lambai mengajak untuk singgah. Wah…..menarik sekali rasanya kalau bisa mengunjungi semua penghuni pulau-pulau di Riung.

Beberapa pulau di Taman Laut 17 Pulau

Perjalanan kami awali dengan route dermaga Riung ke Pulau Tarungtung, sebuah pulau yang indah dan terdapat beberapa gasebo yang asik untuk ngobrol ataupun membakar ikan. Suasana yang menyenangkan menahan kami untuk tetap bermain dan bercerita….cerita apa saja…dari yang lucu sampai cerita saru (jorok).

Pulau Tarungtung, tanpa penghuni, hanya burung yang singgah bermigrasi

Satu jam cukuplah bagi kami “bercinta” dengan pulau Tarungtung, deru perahu motor kembali berpacu dengan gelak tawa kami. Senang campur dengan terkesima pemandangan dihadapan mata. Perahu motor mengarah ke salah satu hutan di dalam laut….ya terumbu karang….. Wuuuuuuuih indah bener…. Ingin hati masuk ke belantara terumbu karang itu, namun sayang…kami tidak menyewa peralatan selam…yang tentu saja membuat kami tidak boleh menyelam, takut merusak terumbu, kata pengemudi perahu.

Setelah kurang lebih 1 jam kami mengamati terumbu karang…..motor diesel kembali dihidupkan pengemudi perahu. Sore sudah menghitam, wah tanda segera malam. Aku pikir petualangan ini akan segera berakhir. Tetapi kenapa perahu tidak mengarah ke dermaga??? Kami bertanya pada si sopir perahu ini. “Kemana kita mau pergi Bapa?” Sambil tersenyum dia menjawab, “Kita akan melihat kelelawar” Aku tertegun tak percaya, “Hah!!! Kelelawar???? Mana ada ditengah lautan seperti ini,” pikirku…. Tapi aku diam aja sambil menikmati sunset yang indah.

Perjalanan memakan waktu 30 menit menuju satu pulau yang dihuni jutaan kelelawar besar….ya pulau itu bernama pulau Kelelawar…. Kami terkesima ketika jutaan kelelawar berteriak terbangun dari tidurnya…

Gelap telah merubah suasana hangat menjadi dingin dan mencekam. Kami mulai diam tanda lelah dan lapar. Aku bosan dan benci dengan suasana ini….tanpa komando, aku mulai menyanyi lagu-lagu rohani (walau dengan suara sumbang dan wagu), dan akhirnya spontan semua menyanyi… Wah, berhasil juga aku membuat suasana sepi jadi ramai kembali. Tak lama kemudian, kami sudah sampai di dermaga. Kembali ke hotel, makan malam dan lanjut lagi menyanyi sambil minum moke kegemaran kami.

Sampai jumpa lagi di petualangan lain….

Salam hangat dari kaki G. Kelimutu,

G’penk van Piyik


Aksi

Information

75 responses

22 09 2007
delila

Membaca tulisan di atas membuat saya semakin ingin cepat pulang ke Flores tercinta. Saya pingin sekali ke Riung, yang sebenarnya tidak terlalu jauh dari rumah saya:) untuk menikmati alam yang mempesona. Pasti petualangan ini sangat seru yah..Semoga nanti saya merasakan hal yang sama.

13 02 2008
Jan Manuputty

Saya senang membaca tulisan anda, karena itu menjadi sebuah kenangan yang seperti munculkembali di hadapan mata, 3 tahun saya bekerja dan berada di Riung dan hasilnya bisa dinikmati banyak orang saat ini. Salam Ceria selalu dan di tunggu petualangan lainnya

Jaga dan Lestarikan Riung bagai Gadis 17 tahun…

24 02 2008
hanna hakimah

hallo,
bulan maret ini kami mengadakan perjalanan dari maumere- larantuka – moni -riung – ruteng -bajawa- labuanbajo,maua tanya berapa biaya naik boat untuk mengeliling 17 pulau, dan rumah makan nya dimana saja .

Terimakasih
Hanna

27 10 2009
kanis bolong

biayanya cuman rp 200.000 aja ko?and kalo nginap aja dihotel florida riung.salam kangen buat arek-arek flores yang ada dirantauan.

17 04 2008
hanna halimah

Saya baru mengunjungi 17 pulau di riung aduh sangat cantiknya pemandangan pantainya sangat luar biasa, saya tiap tahun datang ke flores untuk merayakan paskah di Larantuka, pada tahun ini saya melanjutkan perjalanan dengan bus sampai ke pulau komodo, sepanjang jalan pemandangannya sangat menawan, cuma sayang sekali jalan masih jelek sekali banyak longsor mudah mudahan cepat diperbaiki

Hanna

27 10 2009
kanis bolong

ya memang jalanya masih jelek,tpi aku mohon dukungan dari arek-arek flores.

22 04 2008
edgard

taman laut 17 pulau memang sangat indah tapi sayang, pemerintah kurang memperhatikan sebagai suatu aset yg dpt menambah pemasukan daerah. saya berharap pemerintah lebih memperhatikannya sehingga makin banyak wisatawan yang datang berkunjung.

25 06 2008
renald

coba diperhatikan lg daerah2 yg memiliki potensi pariwisata

27 10 2009
kanis bolong

malam kae, saya senang dengan pendapat kae.tapi kita sama-sama membangun riung.khususnya wangka.

27 04 2011
eduardus masa

heheheheheheheheheheeheh kae kalau mau bangu riung jgn hanya wangka pikir juga dgn riung seluruhnya

12 09 2008
kong nggokok

kalo ada yang keriung lagi, titip salam buat orang riung ya….
ato boleh mampir dirumahq….
samping pondok svd riung

14 10 2008
walton

pokoe… riung tiada duanya yach… salam juga buat mbeng, elis dan ameng bintang….

he…he.. riungku yang indah nan menawan, nantikan aku dibulan desember nanti yach… “emang mau ngapain yach…???”

15 09 2009
kong nggokok

zaa kudu ko phe…
yang ada rencana ke riung titip salam buat limas, ci, ndaka, gagung,slasa, opuk, frans, abang sil, dll

27 10 2009
kanis bolong

salam kangen buat teman-teman orang riung,jangan terlalu lama dirantauan,pulang cepat keriung untuk membangun riung bersama2.

7 11 2011
elsa sear

ya pastilah kita pulang ke riung tapi syangx saya masi di bandung

1 11 2008
Willie

Riung tunggulah kami sekeluarga

23 12 2008
icha

riung memang sangat mempesona…

9 03 2009
pieter

pulaunya mantab bro…..update dong fotonya tuh….titip salam buat cw yg pluk kayu tuh …..jgn pluk kayu yah….. pluk aku ja..hehehhehe maju trus floresku tercinta

20 03 2009
Vaya Con Dios

Flores sprti nmanya dlam bahasa Potu “bunga”, cantik dan mempesona. Hanya sja terlalu sedikit yang menydari keindahannya. Nie bkan cma tugas pemerintah smata, qta sbagai anak pulau sdah sharusnya mempubliksikan properti kta itu pda dunia. Q yakin shabat smua yg ada di peratauan punya cranya msing-msing. Bali memang eksotik n very famous,Jawa emang modern tpi Flores yg jauh dri modernisasi adlah kembang perawan yg hrus kta jga keutuhannya.
I Luv U, my Flores….

27 03 2009
melardus

Saya putra dan Riung asli dan pengagum berat kekayaan alam Riung. Riung bukan hanya taman laut 17 pulau, tetapi banyak kekayaan wisata yang belum “digali.” Saya kagum dengan pemandanagn yang mempesona taman laut 17 pulau Riung. Namun sepertinya pemerintah belum mencoba menggali dan mengaktualkan potensi ini dengan maksimal. Sebenarnya ini juga menambah lapangan pekerjaan juga bagi putra/i daerah. Apakah ini sudah ada dalam benak pemerintah ya? Mungkin ya, tetapi belum maksimal deralisasikan. Ini harapan sekaligus keprihatinan yang dalam.

27 03 2009
melardus

Saya putra Riung asli dan pengagum berat kekayaan alam Riung. Riung bukan hanya taman laut 17 pulau, tetapi banyak kekayaan wisata yang belum “digali.” Saya kagum dengan pemandanagn yang mempesona taman laut 17 pulau Riung. Namun sepertinya pemerintah belum mencoba menggali dan mengaktualkan potensi ini dengan maksimal. Sebenarnya ini juga menambah lapangan pekerjaan juga bagi putra/i daerah. Apakah ini sudah ada dalam benak pemerintah ya? Mungkin ya, tetapi belum maksimal deralisasikan. Ini harapan sekaligus keprihatinan yang dalam.

7 04 2009
senda blass

aq uda kangen buangat….ama riung yang kaya dgn 17 pulau nya itu,dulu pernah si cuman uda 10 taon lebih waktu aq masih di ENDE. poko nye riung buagus buangat deh dan tolong jaga baik2 ya…………………??? alam nya!!!

7 04 2009
ratna

uda lama ne gk liat riung jd kangen………………….

15 04 2009
senda blass

poko nya 17 pulau riung bagus buangat dh……………………

18 07 2009
aponk_nango

Sy keturunan org Flores meski lahir dan besar d jakt, sy bangga sbg org flores. br 2 kali sy plg k tnh kelahiran ayah sy, terakhir 1 bulan yg lalu. sy menyempatkan dr u/ pesiar k riung yg keindahan y konon tdk kalah dgn bunaken y MAnado. Dan memang benar ada y riung adalah Mahakarya Tuhan yg sangat indah, potensial, dan menakjubkan. Tetapi alangkah sedih y ktk melihat potensi alam yg luar biasa tsb tdk mendapatkan perhatian yg serius, terbengkalai, dan terkesan jorok d dermaga y. Keadaan masyarakat sktr pun jauh dr kehidupan yg layak, sarana dan pra sarana yg tersedia pun sbg tujuan wisatapun kurang, jalan2 yg rusak, POM bensin yg tdk layak dll. Hal tsb membuat sy sgt terinspirasi u/ mw ikut andil dlm pembangunan wisata d riung, dan Flores pd umum y, jgn smp org luar dan para pendatang kelak menguasai tanah kt FLORES. Kt sbg org flores tnt hrs belajr byk dgn ttg kt masyakat Bali yg sgt konsen dgn potensi alam yg mrk miliki, merawat dan mengembangkan/menata tanah mereka menjadi tmpt tujuan wisata favorit turis2 mancanegara. Tp jujur sy tdk tau hsrs bgmn dan memulai dr mana ide sy tsb silahkan kunjungi sy d alfonsius.kristanto@yahoo.com (YM & FB) u/ bertukar pikiran mengenai hal yg berkaitan dgn isi pikiran sy tsb dan mengajak dgn sy ber sama2 u/ mewujudkan y

14 09 2009
nafir love irma

kenangan cinta kami di riung takkan terlupakan.
pa janji ma….05092009

14 09 2009
nafir love irma

ni ari aq di ne2q….sepi.pa lge di riung…tapi ga lama lagi…sy tetap pcya dengan au pa….031107 until 4ever…
bukan pulau riung aja yang indah….tapi orangnya juga ramah2….
I MISS U…..SY PCY TUHAN JAGA CINTAx qta………………!!!!!!!!!!!!!!

1 12 2010
ilham

how ewh, biking riung saksi sa ew,
lemong ne ghami seong, mboras……..

17 09 2009
ratna taong rata

aq putri riung yang kini berada di rantau,uda lama aq gk liat riung.rasa kangenqu uda gk ketahan lagi hingga hari ini aq ke internet walpun uda malem krn di intrnet aq bs melihat riung wlpun cm fotonya n wjah2 org riung yang kini gk asing lg bwtq.,,kapan yah aq bs ke riung,?aq bangga jd putri riung yang wlpun kata org klo riung jauh dr keramean n gk bs di akses tp RIUNG menyimpan Sejuta KEINDAHAN bagaikan “GOLDEN SWEET”,…tp knpa RIUNG msh ttp aja sperti ini?pdhal riung bs mghasilkan kekayaan yang bgtu besar…MAI KITA SAMA2 MEMBANGUN RIUNG,ZAA KUDI TA PEDO LE OTO,HEHEHE…
OH YAH kini bgqu riung wes save kenang2an yg plg indah…
makash to tman2q yg sllu hdr swktu aq sma…nurmin,anti,ali beghu,dina balak,since lawa,dhenggu,melan gelan,ita kata,beza alias beti zaleng,adel reso,ita agang is my best frnd.
Mbrngkeli kina reba,mata aik ta ringgang ko ta ehm…tendeng,adel kolong,dll putri LATUNG…
OLE SALAM MANIEZQ dr jauh….

dariqu Embo kakek FRANZ RT–eeeee nanga ular
ONANG-TAONG

RIUNG…..TANGO IMOT MO,AQ TOE LEMONG OR PAE KIMU……

27 10 2009
kanis bolong

aku putra riung wangka,aku hanya menitip salam buat putra/i riung dirantauan.ratna zaa whegha naek lako tepang suli roko bangun riung.

18 09 2009
sara

aq lemong ngampong ite,,,aq saiki wes kangen riung.ojo lali ikang sara yang nikmtanya aduhai…

22 09 2009
const landin

riung tu mang luar biasa…klo jamu tu jamu komplit hehehe tp ni serius kog,panorama indah,masarakat ramah”,yah pokoknya i luv full riung!!!!!!!!!!!jd u tmen”yg suka berpetuallang sambil menikmati panorama alam yg menawan ya KE RIUNG SAJA…. yg paling penting lg dtang y keruma q persis di lapangan bola oce??????? eia hampir lupa buat pemerintah setempat klo bisa sarana pendukung dilengkapi lg y!!terus kebersihan ditingkatkan lg intinya penataan hrus bgus jd orang yg ke riung nyaman nd pgen ksana lg…….BRAVO RIUNG!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

22 09 2009
nafir love irma

memng riung indah… ka ratna kenal ka anti kah….?kalo ga salah ima ju kenalldeng dy!!!!!brusan ima ke riung n singga di rumahnya………salam kenal ya….

7 11 2011
elsa sear

aku putri riung juga tapi sayangx aku masi lama di bandung coalx aku lagi menempuh pendidikan di kota bandung slam bwt tman orang riung wangka yang kuliax di ende

26 09 2009
ratna r

Bwt urna”oh aq kenal baik kok”km soulmatenya bapink yah?kita temanan lho wkt sma.bte me irma yang mana yah?sory agk lupa2 ingat neh,,,emgx kuburan yah….hehehe.salam kenal juga yah….

27 10 2009
bapink punk

ia k….ya bisa dibilang calon…hehehe.tpi tungu bis kuliah dlu,,,,!!Peace…

1 12 2010
ilham

jang lupa undang2 oow….
lemong mboras ooow.

26 09 2009
ratna r

Uenakkkkkk…..yah ketika berada di pantai pasir putih….di siang hari wlpun udaranya panas tp ttp aja sejuk karna diserbui angin sepoi2 yang sllu myntuh stp org yg lg nyantai….
Hai….gmana keadaannya p.putih skrg?aq brharap lebih sejuk n banyak yang bertandang yah….tp lngat lo,semua yg kunjung hrs jg kbrsihannya yah…ojo lali…biar tmunya merayap teruszzzz n banyak yag sayang
Bwt kita arek2 asl riung….kt sm2 dkung riung biar gk sprti saat ni truzzzzz dng cara kt msing2 tp yg POSITIFlah haruzzzzz OPTIMISZZZ DONK….OK Deh….
Salam banyak bwt arek2….RIUNG….

2 10 2009
Egar

Riung OK.pemandangan OK.pemerintahx yg ga ok,,mahasiswa riung dimana saja berada mr kta bgun riung kta bersama..aq bth tmen2 untk membgun riung,,untk ide2x krm aja ke emailq ne..egarkiwex@yahoo.co.id.ok..riung ok.salam mahasiswa.salam perubhan riung.

22 10 2009
jhon

salam hangat utk weta-nara di perantauan .za.a kimu wongkoo wae nggita.

24 02 2012
sdi riung

terkadang penilaian tidak relistis dgn knyataannya….jdi nilailah dgn sbuah penilaian yang subyektiffffffffffffffffffffff………….
ABDUL MAJID DAN SISWA KLS V SDI RIUNG…KAB.NGADA.

27 10 2009
irma

bwt k Ratna:Ia,,,,Ima denk dia nanti urusnya hbis kuliah dulu,,,,!!!Riung,i miss u e,,,,enak tinggal di sana,palge hari pasar!!!Seru,jalan ma mam n tati!!!

27 10 2009
irma

oy,ada yanhg kelupaan irma orng Ruteng…qta jadian baru mau 3 taonan!kta tgal sama di kupang.ortunya ima n nafir blag,tgu ada erja baru urus ga boleh maluin ortu!!nah bulan kemarin ima pi lagi di riung n keluarganya se7nya abis kul!!!!mpe ktmuy di Riung ya kak<<<

4 12 2009
armin dala

senang nya kalo ngeliat pemandangan riung yang luar biasa jadi kangen pengen kesana lagi……………..brasa udah lama bangat g kesana terakhir kesana waktu smp kelas 2,, tapi cuman mampir ke pulo kelelawar dan pasir putih doang n ngeliat2 taman laut riung………………

brasa kangen bangat sekarang …….i love u flores meskipun jauh dimata tapi saya g akan pernah lupa dengan kampung halaman.

17 12 2009
Boerh@noedien

Aku sangat merimdukan kampung halaman ku yang indah dan asri, sayang sekarang aku di negri orang, tapi suatu saat akuakan kembali. “SEE YOU NEKT TIME REOUNG”

12 03 2010
Yanuarius Parta Sawa

Ikutan…..
saya juga orang Riung.

1 12 2010
ilham

skarang dmana de’?
pulang riung su ade…

18 07 2012
Yanuarius Parta Sawa

Belum ada uang Kaka. Saya sekarang di Tangerang.

7 06 2010
ireine

Boleh tau ga Penginapannya apa ajah trus harganya berapa ajah yah …???

5 07 2010
wilhelmus wio

Saya mohon, kita semua harus memperhatikan tanah air kita sendiri,baik dari pemerintah ,pihak swasta,dan masyarakat setempat.Juga daerah Pariwisata kita dijaga dan dirawat dengan baik agar dapat dinikmati oleh anak cucu kita……………………….balas

6 07 2010
wilhelmus wio

Saya mohon, kita semua harus memperhatikan tanah air kita sendiri,baik dari pemerintah ,pihak swasta,dan masyarakat setempat.Juga daerah Pariwisata kita dijaga dan dirawat dengan baik agar dapat dinikmati oleh anak cucu kita.Saya merasa sangat prihatin dengan kondisi dan keadaan alam sekitar kita yang tidak diperhatikan secara serius.Dan kita hanya olo Bampur aja.

18 10 2010
Kabir tajudin

sya mhon,kta hrus mnjga riung dri orang2 yg menghacrknx.

1 12 2010
ilham

nuk golo riung eee,,,
mai rame2 paka dia riung ite. oke lemong ne mboras,watu zape.

30 12 2010
Kabir tajudin

bnar ning mola,

12 04 2011
elviz zong pasi

riung memang indah,,,,sprti orang2 xg tinggal disana,,,i love riung,,,salam sayng buat smua anak2 goraQ ,,,ratna rata,,,dozang rogho,,

12 04 2011
elviz zong pasi

riung tana rengas,,riung tana rebha,,ddun le Mori dedek le dewa,mbu,ung taung satorong padang,,wae tasik sama ri,i, ta,a,,,,

14 04 2011
Masyhurin

Aku mohon ne ite ata maing flores riung,oke lemong ne golo wae .

”kampung halamanku adalah surgaku” mari kita sama” membangun riung .

jangan lupa do’a kpd yg kuasa smoga tanah air kita aman dan t3entram.

“I lOV3 YOUUUUUUU RIUNG”

15 04 2011
Masyhurin

oke lemong golo wae ite riung,tana watu ata getas ite .mai sama sama bangun riung yg sejahtera.

7 05 2011
Umank

Riung aq pasti kembali ke pangkuan mu…..

12 05 2011
Lia

Ya… Taman laut Riung emang indah.. Pengen cpet2 plg n menikmati smuax….

16 09 2011
Cahyo Bonaventura Putra

bagus mas fotonya

5 10 2011
ahmed

riungku sayang riungku malang selamat tidur dan bermimpi indah………………..

7 11 2011
elsa sear

ya pengenya jalan kita bagus ya??????biar kita pulang dari kota besar ada perubahan sedikit

7 11 2011
elsa sear

duuuu kapan ya bisa pulang ke riung coalx kangen bangat ama kampung wangka selatan tapi syangx elsa jauh di bandung pasti skarang riung tambah indah.du ingat bangat waktu aku SMP dulu di riung aku uda pernah main-main ke pasir putih du bagus bangat slm kangen ya bwt tman tman elsa yang kuliax di flores

30 11 2011
JOVI

Riung pantas dijuluki TANAH RAJA…

11 01 2012
elsa sear

ya dongggggg

14 01 2012
Ager

Riung memang indah,,oke lemong mampir diriung kolang e hehehe,,

24 02 2012
sdi riung

oke lemong riung

24 02 2012
SDI RIUNG

terkadang penilaian itu tdk sesuai dengan realitas,,,,…
Nilai lah dgn sbuah penilaian yg subyektiffffffffffff………….!!!!!!!!!!!!!!

sdi riung
majid.abdulah@ymail.com

28 03 2012
busyro encho

jadikanlaH, PARIWISATA riung untuk kepentingan kemajuan daerah, bukan tuk kepentingan indi fidual, menjaga dan melestarikan alam, terutama keindahan alam 17 pulau riung, harus benar-benar di jaga dan di lestarikan. Pariwisata riung akan berkembang lebi pesat, apabila masyarakat riung pada umumnya siap melestarikan, menjaga, dan mau mengikut sertakan kepeduliannya kepada alam.
sejak dikenalnya pariwisata 17 pulau riung pesona,sampai sekaranh ini belum membuat menarik perhatian media masa bahkan media elektronoik,. pertanyaanny kenapa,,? dan akan sampai kapan pariwisata 17 pulau riung akan lrbih di kenal ?

17 04 2012
CHRIZONT

RIUNG
my countries,RIUNG my city RIUNG is the best

29 04 2012
fyan djawa

saya bangga menjadi orang bajawa……
bisa memiliki tempat seindah riung,,,,,,,,,
I LOVE U RIUNG

2 11 2012
Nq Ritok

kangen ne ma Riung

17 05 2013
www.ballestaperu.com

Today, I went to the beach with my children. I found a sea shell and gave it to my 4 year
old daughter and said “You can hear the ocean if you put this to your ear.” She put the shell to her ear and screamed.
There was a hermit crab inside and it pinched her ear. She never wants to go back!

LoL I know this is completely off topic but I had to tell someone!

16 07 2013
seo future

What’s Taking place i am new to this, I stumbled upon this I’ve found It positively
helpful and it has helped me out loads. I’m hoping to give a contribution & help other customers like its aided me. Great job.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: