Kebahagiaan bersama murid-murid SD di Flores

3 05 2006

Wajah-wajah ceria anak Flores selalu menentramkan hati tiap aku melihat mereka dalam album fotoku. Senyuman, pancaran mata dan gigi yang cermelang mengajak-ku untuk selalu bersemangat menjalani langkah kehidupan..

2 Mei merupakan Hari Pendidikan Nasional, namun dibalik peringatan Hari Pendidikan Nasional perlu disadari dalam sebuah permenungan bahwa masih banyak anak-anak yang belum merasakan “kemerdekaan” untuk belajar, khususnya di Flores. Sorotan mata mereka membinarkan kebutuhan untuk bisa membaca, menulis dan berhitung. Sebuah kemauan yang seharusnya difasilitasi secara menyeluruh, baik oleh pemerintah, keluarga, guru dan tak lupa peran serta masyarakat. Berikan kesempatan bagi murid untuk tehindar dari kekerasan dalam keluarga dan sekolah. Tidak lain tidak bukan untuk murid itu sendiri merasakan kenyamanan belajar dan “melangkah” mencapai cita-cita.

Memang bukanlah mudah memberikan rasa nyaman bagi anak-anak untuk belajar, namun secara pribadi saya percaya, suasana yang menyenangkan cukup menawarkan solusi yang memberikan titik terang membangun suasana minat belajar anak-anak. Murid disekolah kini bukanlah objek binaan guru, namun menjadikan subjek pada murid merupakan tujuan pembelajaran yang menyenangkan. Guru hanyalah fasilitator yang membantu murid menemukan metodenya sendiri dalam belajar. Sekali lagi, sekarang bukan jamannya Guru Sentris, Guru Maha Tahu, namun Guru sebagai fasilitator.

Kini diawali dari diri kita masing-masing untuk menanamkan kesadaran akan pentingnya pendidikan bagi anak-anak yang perlu diusahakan mulai dari pendidikan dasar. Sekolah Dasar (SD) bukanlah formalitas, namun sebuah jalan masuk untuk membentuk seorang anak. Pondasi mentalitas dan moralitas terbentuk dari masa usia anak SD. Jangan biarkan kekerasan bersama mereka kalau kita tidak ingin anak-anak kita menjadi preman.

Tumbuhkan suasana sekitar kita untuk selalu menyenangkan terutama sebagai wadah pembelajaran yang menyenangkan bagi anak. Percaya atau tidak, namun ketika anak-anak usia SD difasilitasi dengan suasana yang menyenangkan, sudah pasti mereka akan merasa nyaman untuk belajar membaca, menulis dan berhitung.
Banyak sekali metode yang kita bisa gunakan guna mendukung pembelajaran berbasis kompetensi, salah satunya adalah Pembelajaran Tematis… Sebuah metode dengan membuat semua mata pelajaran menjadi menyenangkan… Jadikan satu tema yang bisa bercerita banyak tentang semua mata pelajaran.
Sebuah pola yang sangat menyenangkan, mulai dari menulis puisi tentang bola, membaca dongeng tentang bola, berhitung jumlah bola, menggambar macam-macam bola, mengukur besar kecil bola, mengenal udara yang berada di dalam bola, membuat nyanyian tentang bola, bermain dengan bola dan akhirnya berolah raga dengan bola di halaman sekolah. Tidak perlu pemikiran yang berat, namun cukup menghubungkan semua mata pelajaran dengan pendekatan tertentu pada satu tema misalnya bola dalam sebuah pembelajaran tematis.

Mmmmmm….menyenangkan sekali…. Kalau aku masih seusia mereka, pastilah hari-hariku menyenangkan dalam belajar.

Salam hangat dari kaki Gunung Kelimutu,


G’penk van Piyik
“dalam pencarian makna belajar yang menyenangkan”


Aksi

Information

5 responses

28 06 2007
thresia

Fotonya keren abis. Membuatku ingat masa sdku di wolowaru. Pas menjelang 2 mei pasti perlombaan tari, puisi dst, nyanyi dan masih banyak lagi.

2 09 2007
Adam

sebuah cerita dan proses yang luar biasa..
tapi kenapa harus berkecil hati untuk belajar,
Ingatlah belajar bersama yang kita lakukan di Timor Leste

selamat meningkatkan kemampuan diri,
selamat belajar terus…

jangan surutkan langkahmu

10 04 2008
Yandri

Wah jd ingat anak2 kampung di flores,,,,
flores keren tempatnya,,,,
hijau,,,,, bnyk gunung dan tebing,,,,
Sungai dan pantainya jernih,,,,

Miss u;)

26 05 2010
leni

flores adalah bunga yang tak pernah layu. ia terus berkembang dan memberikan keharuman. aku bangga karena dilahirkan di Flores ,…..pertama kali menangis dan tertawa bersama bunga-bungaku. seperti inilah masa kecilku. bersahat dengan alam bernyanyi bersama kicauan burung…….belari …..bersama riak sungai yang tak pernah berhenti ……I Love my Flores so much. I miss you every day

26 05 2010
leni

flores adalah bunga yang tak pernah layu. ia terus berkembang dan memberikan keharuman. aku bangga karena dilahirkan di Flores ,…..pertama kali menangis dan tertawa bersama bunga-bungaku. seperti inilah masa kecilku. bersahabat dengan alam bernyanyi bersama kicauan burung…….berlari …..bersama riak sungai yang tak pernah berhenti ……I Love my Flores so much. I miss you every day

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: