Berduka…… Yogya digoyang gempa, 27 Mei 2006 kelabu

29 05 2006

Duh Gusti……..

07.17 WITA di pagi 27 Mei 2006 aku terbangun oleh bunyi HP…. Wah padahal aku tidak setting alarm sepagi itu….ya karena hari libur…. Ku langsung sambar HP-ku… Huh!!! kenapa pagi ini calon istriku menelponku…. Aku sudah berniat untuk tidak menjawab… tapi gak biasanya juga dia telpon sepagi ini… akhirnya dengan agak dongkol, aku angkat HPku dengan tidak bersemangat. Mataku langsung langsung terbelalak ketika Theresia mengatakan, “Penk….Penk…. Yogya baru aja diterpa gempa besar…. rumahku rusak… beberapa rumah tetanggaku roboh!!” katanya ketakutan… “Hah….!!! jangan mengodaku, masih terlalu pagi untuk bercanda” sahutku sambil berlaga blo’ong… “Iya…serius ini….”, kata kekasihku. Aku terus bangun…hidupkan TV untuk melihat berita pagi…. dan ngobrol dengan kekasihku tentang gempa yang barusan terjadi di Yogya. Theresia masih sangat ketakutan….. Aku mencoba menenangkan…. tapi sejujurnya, aku sendiri yang tidak tenang….
Beberapa saat kemudian aku mencoba menghubungi keluargaku, namun gagal dan tidak bisa terhubung untuk semua jenis alat komunikasi…. Akhirnya aku berhasil menghubungi keluargaku melalui sms ke HP adikku, si bungsu…. Shinta menuliskan kalo keluarga selamat semua…PUJI TUHAN…. mungkin hanya rumah yang mengalami kerusakan…
Sabtu itu, 27 Mei 06, yang rencananya aku akan bepergian ke kampung untuk liputan rutin…. aku batalkan dan akhirnya hanya berdiam diri di depan TV untuk melihat perkembangan informasi dari Yogyakarta tercinta…. Seharian aku tak bergerak dari depan TV-ku yang mungil… sampai aku sadar kalo seharian tidak makan…hanya minum kopi saja…. Huh… ternyata kembung juga ya…kebanyakan minum kopi…. Tak sadar, mataku meneteskan air mata…melihat liputan langsung dari kota yang menjadi saksi aku tumbuh berkembang dan jadi besar…. Waduh….. aku nangis dan tak sadar kalau aku menangis… Duh Gusti….

Mungkin orang tidak akan mengira akan terjadinya musibah ini…. Warga Yogya yang sedang “disiagakan” pada kondisi was-was oleh Gunung Merapi yang akhir-akhir ini terbangun dari tidurnya. Semua berpikir gempa kemarin terjadi karena kemurkaan Kanjeng Kyai Merapi, tapi pikiran semua warga yang menghuni wilayah perlindungan Keraton Kasultanan Ngayogyokarto ternyata salah…. Gempa ini muncul dari wilayah kekuasaan Ratu Laut Selatan, Nyi Roro Kidul.
Rekor goyangan Inul yang terkenal heboh akhirnya dipatahkan oleh goyangan lempeng benua Asia-Australia di kawasan Keraton Laut Selatan yang mencapai 5,9 SR. Wuih goyang jungkat-jungkit yang maha hebat…..
Di kawasan kabupaten Bantul kerusakan mencapai 90%……. remukkkkkk….. hancur….ya tentu saja karena wilayah ini hanya berjarak kurang lebih 10km dari pusat gempa.
Sampai detik ini korban sudah merangkak ke titik 5000 jiwa lebih…..
Duh Gusti…. murka sekali diriMu… salah apa Yogya????

Kini aku hanya bisa berdoa untuk korban bencana gempa yang terjadi di provinsi DI Yogyakarta dan sebagian Jawa Tengah… “Ya, Tuhan berilah kekuatan dan ketabahan bagi kami semua”.

Salam duka dari kaki G. Kelimutu,

G’penk van Piyik


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

