Semester pertama di Cairns….

5 11 2008

Lama juga tidak menyentuh halaman wordpress, ya ya….. mungkin karena waktu ini tersita untuk menyelesaikan assignment (tugas) kuliah… maklumlah pelajar semester pertama yang disibukkan dengan adaptasi kehidupan sehari-hari dan juga kewajiban yang harus dilakukan saat berproses di kampus ini…. Tak ku sangka lebih dari 3 bulan sudah saya keluar masuk kelas dan lab di bawah payung School of IT, JCU. Proses ini ternyata tidak semudah melangkahkan kaki dari rumah (Yorkeys Knob) ke kampus maupun dari Jac’s Cafe ke Library (perpus). Banyak kerikil-kerikil sebesar king-kong menantang langkah saya untuk berproses di kampus ini. Berat badan turun, mata jadi cekung dan ternyata saya perlu kacamata plus…. wah gara-gara ikut tes cek mata gratis di School of Health & Medicine…. ketauan deh kalo matanya udah butuh lensa “plus”….hihihi… Namun dibalik kendala yang saya hadapi (terlebih kendala bahasa)… saya selalu bersyukur mendapat karunia ini… sekolah gratis di negeri orang… Thanks God…..

Tidak dengan “mak mbedundug” (tiba-tiba)…. adalah beberapa hasil yang sudah terselesaikan…. Akhirnya…. Walau tidak sempurna, tetapi saya yakin, saya sudah berproses di kampus ini… paling tidak untuk semester pertama yang berat saya rasakan. Nah, apa aja yang udah saya selesaikan??? Ini dia mereka:

1. Tugas subject (mata kuliah) “Computer Graphics Principles” (CP5560).

Di mata kuliah ini, saya mempelajari prinsip-prinsip grafis yang digunakan di komputer. Selain itu saya diwajibkan memahami penggunaan bahasa pemrograman OpenGL dan juga C++. Pada prinsipnya mata kuliah ini mengimplementasikan penggunaan OpenGL & C++ untuk membuat/ mengambar object maupun animasi. Tugas di mata kuliah ini ada dua tingkat, tugas pertama adalah membuat animasi sederhana berbentuk helikopter. Animasi sederhana helikopter ini dikendalikan oleh tombol panah keyboard. Inilah tugas pertama saya di subject CP5560…. terkesan helikopternya wagu dan lucu….hihihihi..

cp5560-1st-assignment

Nah tugas kedua dari CP5560 adalah pengembangan dari tugas pertama, yaitu membuat game helikopter sederhana dengan beberapa kesulitan yang harus dibangun melalui program OpenGL & C++. Dan inilah hasilnya tugas keduanya……sebuah game helikopter sederhana…

cp5560-2nd-assignment

Sedikit terlihat lebih realistik ya…. hehehe… Ok lanjut ke subject berikutnya…..

2. Tugas subject CP1010 – Introduction to Multimedia

Nah….di subject ini saya membuat sebuah multimedia presentasi tepatnya CD interaktif yang berisi tentang informasi FM (Frequency Modulation). Pada dasarnya, media presentasi ini mempunyai 5 halaman utama dan sub halaman di halaman “FM Characteristic” dan “FM Antenna”. Multimedia CD ini memungkinkan penggunanya secara aktif menyelusuri tiap bagian di tiap halaman. Di halaman simulasi, pengguna bisa mencoba simulasi polarisasi pancaran gelombang FM. 

fm-main Home Page

fm-about1 About FM

fm-charac FM Characteristic

fm-charac2

fm-charac1

 

 

 

 

 

 

fm-antenna1 FM Antenna 

 

 

 

 

 

fm-simulation FM CoverageSimulation

Inilah hasil dari perjalanan selama satu semester di JCU. Nah…. beberapa minggu lagi ada yang menunggu… hehehe… ternyata masih ada yang harus saya hadapi, yaitu “final exam”…. Doakan ya… semoga saya sukses di final exam….. Amin..

Matur thank you dah menyempatkan membaca….

 

Salam hangat dari nDalem Gepengan cabang North Queensland,

 

G’penk van Piyik


Aksi

Information

6 responses

9 12 2008
Eru

Wah, seru bgt kuliahnya, di JCU ya Mas? Saya juga lg belajar utk jadi game dev, otodidak sambil nyari scholarship..😀
Salam kenal aja..

22 01 2009
Krete

Gila Keren banget Yik..
Dengan segala keterbatasan, kau bisa juga nyampe sana. Saluutt
Hebat lagi… mana bahasa inggris aja masih susah..eh udah dikasih pelajaran bahasa C++ hehehe.
Salam dari tempat aku membaca

28 01 2009
Artha

asik nian nih mas

24 07 2009
Densy "bu'e rowa"

Gila De… benar – benar gila… aku sepaham ama yang comment di atas C++ tu loh… aku baru ngebaca alinea awal wordpress ini rasanya sulit banget loh de……. Btw, ta doain semoga “sukuses” ( lu bacanya makai ekses bajawa yac….. biar enak gitu ….moso lupo…. ).

8 01 2013
risdimartono

Sangat Bermanfaat, Kami menyediakan stiker kaca dengan harga importir di http://stiker-kaca.blogspot.com/2012/06/stiker-kaca-dan-kaca-film-riben.html

8 04 2016
shafferkemp1456

This was on the porch of the condo where we stayed in Phx. Pre-kid we did pretty well remembering to take pictures of our feet on vacations (photographer-uncle even caught one for us at the wedding) but post-kid we’ve had trouble remembering. Too many other details to keep track of! Click http://link.mx/hool08200

Tinggalkan Balasan

